fbpx
Pernah Blusukan

Pernah Blusukan

Di IG, barusan saya posting tentang blusukan. Tapi di sini, insya Allah saya akan bahas lebih mendalam. Terutama dari sisi bisnis dan leadership. Semoga bermanfaat ya…..

Menurut saya, blusukan itu bagus. Bukankah Umar bin Khattab telah memberikan contoh? Dan baiknya sang leader itu blusukan sesekali, bukan setiap hari. Kalau sepanjang hari, setiap hari, pada akhirnya sang leader nggak punya waktu lagi untuk hal-hal yang lebih strategis……

Jadi, blusukan itu:
– Sesekali, bukan setiap hari
– Lebih kenal dan lebih empati
– Bicara dari hati ke hati
– Menyamakan visi dan misi
– Silaturahim dengan keluarga inti

Manfaat yang paling membekas bagi saya ketika blusukan ke rumah mitra-mitra adalah lebih mengenal dan lebih berempati. Berada di rumah mereka, sedikit-banyak saya bisa merasakan apa yang mereka rasakan. Karena manfaat itulah, sebelum pandemi, saya rutin blusukan ke rumah mitra-mitra…..

Ini nggak main-main. Saya lihat kawasan tempat mereka tinggal. Pas masuk, saya lihat perabot-perabotnya. Saya lihat juga wajah anak-anak dan orangtuanya. Masya Allah. Jelas, saya bisa merasakan perjuangan dan kerja keras mereka…..

Saya pun blusukan ke mana-mana. Mulai dari Medan, Pantai Cermin, Bukittinggi, Matur, Depok, Bekasi, Cibinong, Bogor, Sukabumi, Karawang, Cikarang, Cikampek, Pamulang, Karawaci, Tegal, Cirebon, Purwokerto, Gunung Kidul, Klaten, Solo, Sragen, Madiun, Sidoarjo, Kediri, Jember, sampai ke berbagai titik di Jakarta…..

Nggak semua rumah yang saya kunjungi, saya posting di IG. Nggak semua. Banyak lagi yang lain. Kalau dari segi jarak, rata-rata yah jauh. Lelah? Memang lelah, tapi insya Allah menyenangkan dan mudah-mudahan mengundang berkah…..

Alhamdulillah, pas di rumah mereka, saya jadi tahu barang mana yang laku, barang mana yang nggak laku (produk-produk lain). Saya juga tahu kendala-kendala para distributor di lapangan. Agar nggak terjadi penumpukan stok, salah satu saran saya kepada mereka adalah fokus. Jangan lagi palugada…..

Alhamdulillah, sejak dipraktekkan, ini sangat berdampak pada kehidupan mereka. Nafkah mereka jadi jauh lebih baik. Kesibukan pun turun drastis. Setidaknya, dengan bertamu ke rumah mereka, saya berusaha lebih mengenal mereka dan membersamai perjuangan mereka. Insya Allah…..

Jangan sampai saya jadi leader yang cuma peduli sama profit doang. Tapi sama mitra, nggak peduli sama sekali. Ya Allah, jangan sampai seperti itu. Memang ikhtiar saya ini masih jauh dari sempurna. Namun saya coba berbenah. Terus-menerus berbenah…..

Untuk tim. Untuk semua. Bismillah…..

Mau Jadi Mitra Bisnis Ippho Santosa 0815.6666.026

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *