fbpx
Ekonomi Bagi Sang Kyai

Ekonomi Bagi Sang Kyai

Ada kisah yang unik dan menarik di Pesantren Tebuireng saat diasuh KH Hasyim Asy’ari, sang pendiri NU. Beliau meliburkan kegiatan mengaji pada hari Selasa, karena beliau memiliki usaha di berbagai tempat. Ini gambaran bahwa beliau memiliki perhatian khusus pada bidang ekonomi. Fakta ini disampaikan oleh cucu beliau yang juga Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Salahuddin Wahid (almarhum).

“Wahai putra-putra bangsa yang cerdik-pandai dan para ustadz yang mulia, mengapa kalian tidak mendirikan suatu badan usaha di setiap kota dan otonom, untuk menghidupi para pendidik dan mencegah laju kemaksiatan,” kurang-lebih inilah seruan KH Hasyim Asy’ari suatu ketika. Itu adalah seruan entrepreneurship dari KH Hasyim Asy’ari. Selain itu, beliau juga seorang nasionalis. Ia bersama ulama-ulama lainnya sempat mempelopori Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 dalam rangka mengusir penjajah.

Bagaimana dengan pendiri Muhammadiyah?

KH Ahmad Dahlan selain pendiri Muhammadiyah, juga dikenal sebagai wirausahawan yang berhasil dengan bisnis batiknya  yang saat itu merupakan komoditas yang cukup diminati masyarakat. Ia sebagai entrepreneur kemudian mendirikan penerbitan buku dan majalah. Alhamdulillah, saya bersama mitra-mitra pernah berziarah ke makam KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan. Jelas, beliau-beliau adalah entrepreneur. Kyai yang entrepreneur. Entrepreneur yang kyai. Komplit.

Sudah sepantasnya kita mengikuti dan meneladani. Ayo dagang, ayo bisnis! Dan gak usah malu! Bangga mestinya. Kenapa bangga? Pertama, karena telah mengikuti sang teladan. Kedua, karena telah membuka lapangan kerja, setidaknya buat dirinya sendiri.

Mau Jadi Mitra Bisnis Ippho Santosa 0815.6666.026

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *